Jumat, 15 Februari 2013

SBD Pertemuan 2


Sekarang saya akan menshare sedikit ilmu,dari kemarin sedikit terus..hehehe

Langsung saja kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai sistem basis data..

Yang pertama sistem dulu, sistem merupakan gabungan atau kesatuan dari unsur atau elemen yang pastinya mempunyai tujuan. Nah dalam mencapai tujuan tersebut elemen atau unsur akan saling terkait dan mempunyai urutan-urutan. Saya akan memberikan contoh sedikit, misalnya komputer. Komputer merupakan kumpulan dari banyak elemen yang saling terkait, seperti motherboard, processor,ram dan lain-lain, motherboard merupakan elemen yang paling penting karena semua elemen-elemen akan dihubungkan ke motherboard.
Dalam membentuk sebuah sistem ada beberapa elemen seperti tujuan, masukkan, proses,keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan. Tujuan sendiri adalah hal yang sangat penting, karena tanpa tujuan atau biasa disebut goal suatu sistem tidak akan terarah dan tidak terkendali dengan kata lain sia-sia. Masukkan sendiri adalah sesuatu yang masuk dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses, masukkan sendiri ada dua jenis yaitu nampak dan tidak nampak contoh yang nampak seperti mouse,keyboard dll, sedangkan tidak nampak seperti informasi. Nah kalau proses adalah dimana suatu masukkan yang nantinya akan diolah dan sekalian keluaran yang merupakan hasil dari masukkan yang diolah diproses. Sementara itu yang dimaksud dengan batas adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Terus mekanisme pengendalian diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan. Dan yang terakhir lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.
Nah sekarang tinggal basis data...
Basis data atau bahasa kerennya database merupakan kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Basis data tersimpan di perangkat keras, dan diproses dengan menggunakan perangkat lunak. Nah sistem basis data sendiri suatu sistem penyusun dan pengelola rekaman dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data dan operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan, sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.

Sistem basis data sendiri mempunyai komponen-komponen, ada sekitar enam...yaitu
1.   Perangkat keras (hardware)
Perangkat komputer yang digunakan sebagai media penyimpan sekunder dan media komunikasi untuk menjadi penghubung pada sistem jaringan.
2.   Sistem operasi (operating system)
Adalah sistem yang befungsi untuk mengendalikan sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer.
3.   Basis data (database)
Adalah yang mewakili sistem tertentu untuk dikelolah.
4.   Pengelolah bisnis data (DBMS)
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelolah data. Seperti pada kelas sederhana : dBase, MS. Access, MS. Foxpro. Sedangkan kelas kompleks : Borland-interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.
5.   Pemakai (user)
Adalah pengguna sistem basis data yang mulai dari merancang sampai menggunakan tingkat akhir.
6.   Option software
Adalah perangkat lunak perlengkapan yang mendukung berjalannya sistem basis data yang bersifat opsional.

Dan yang terakhir adalah....Abstraksi data..yeee...hehe
Langsung saja biar cepat selesai.
Abstraksi data merupakan proses representasi data dan program dengan bentuk yang sama dan menyembunyikan rincian atau detail  implementasi. Abstraksi data juga dapat dikatakan sebagai tingkatan-tingkatan pengguna dalam melihat bagaimana data itu diolah dalam sistem basis data sehingga seperti menyerupai kondisi yang sebenarnya dihadapi oleh user.
Abstraksi data terdiri dari 3 level yaitu :
1.   Level Fisik (physical Level)
Merupakan level terendah dalam abstraksi data yang menunjukkan bagaimana sesungguhnya suatu dat disimpan. Pada level ini juga pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur dan datanya sendiri.
2.   Level Lojik/Konseptual (Conceptual Level)
Merupakan level berikutnya dalam abstraksi data yang menggambarkan data apa yang sebenarnya disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lain.
3.   Level Penampakan (View Level )
Merupakan level tertinggi dari abstraksi data yang hanya menunjukkan sebagian dari basis data. Basis data yang kemunculannya dimata pemakai diatur oleh aplikasi dan user, aplikasi ini juga yang mengkonversi data asli/fisik menjadi data bermakna atau lojik pada pemakai.
Hah, capek...akhirnya sudah selesai...terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar