Jumat, 08 Februari 2013

SBD Pertemuan 1

Saya akan men share sedikit ilmu yang saya dapatkan didalam perkuliahan, kali ini mengenai Data dan Informasi serta satu lagi yaitu basis data yang dimana merupakan softwarenya.hehe
Langsung saja...

Data merupakan kumpulan dari sebuah fakta yang diolah dalam bentuk kata-kata angka ataupun dalam bentuk citra yang nantinya akan di ubah menjadi sebuah informasi yang berguna. Data juga memiliki beberapa tipe diantaranya karakter, string, integer float, boolean dan juga array.Sebuah data akan di kumpulkan dalam berbagai bentuk atau metode diantaranya seperti Angket, Wawancara, Observasi dan Kuesioner. Metode-metode tersebut digunakan sesuai kebutuhan seseorang yang akan mengumpulkan data. Setiap metode yang digunakan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tetapi sebuah metode juga dapat digabungkan dengan metode lain agar data yang akan dikumpulkan bisa lebih akurat.

Data dibagi dalam beberapa jenis :
Jenis Data Menurut Cara Memperolehnya :

Data Primer langsung diambil dari objek penelitian oleh peneliti perorangan maupun kelompok maupun organisasi Contoh : Mewawancarai langsung penonton bioskop 21 untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.

Data sekunder didapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Peneliti mendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara atau metode baik secara komersial maupun non komersial. Contohnya adalah pada peneliti yang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah.

Macam-Macam Data Berdasarkan Sumber Data :

Data Internal menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misal : data keuangan, data pegawai, data produksi, dan lain-lain.

Data Eksternal menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luarorganisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk, dan lain-lain.

Jenis-jenis Data Menurut Waktu Pengumpulannya :

Data Cross Section
Data menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan per 1 desember 2012, data pelanggan PT. Rama jaya bulan februari 2011 dan lain-lain

Data Time Series / Berkala
Data berkala adalah data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atau periode secara historis. Contoh data time series adalah data perkembangan nilai tukar dollar amerika terhadap rupiah dari tahun 2010 sampai 2013, jumlah pengikut jokowi ahok dari hari ke hari dan lain-lain.

Sementara itu informasi sendiri merupakan hasil dari data yang telah dikumpulkan dan diolah yang nantinya terbentuk sebagai pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi juga dapat di rekam atau di transmisikan. Sebuah data akan dianggap sebagai informasi jika sudah bisa dikatakan valid atau akurat. Sebenarnya kalau menurut saya sebuah data yang masih diragukan kebenarannya belum bisa dikatakan sebagai informasi. Karena menurut saya informasi haruslah fakta, jika belum itu bukan merupakan fakta dan bisa disebut sebagai opini. Tapi itu juga tergantung setiap individu yang melihat, mendengar, menonton, membaca dan lain-lain. Menurut dosen saya itu semua relatif.

Nah Basis data sendiri merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer yang dibuat secara sistematik dan dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Bisa dibilang basis data merupakan software yang memudahkan kita dalam mengolah data. Software-software yang saya tahu seperti SQL server dan Oracle, sebenarnya masih banyak lagi. Tapi Cuma itu yang saya tahu.hehehe
Segitu saja yang bisa saya share...thanks for reading.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar